Daun Jatuh

Hujan salju

Rabu, 13 Agustus 2014

TENTANG KEDIRI

Kediri adalah salah satu kota yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kota ini terdapat berbagai banyak wisata, kuliner, pusat oleh-oleh, pusat perbelanjaan dan beberapa industri yang dikenal di Indonesia. Saya akan menceritakan beberapa kuliner yang ada di Kediri diantaranya :

TAHU

         Tahu yang sangat digemari oleh wisatawan yang dibawa  oleh-oleh  untuk keluarga adalah Tahu Kuning atau Tahu Takwa. Cara pembuatan Tahu Kuning adalah Tahu yang disebabkan karena rendaman air yang di campur dengan kunyit.Selain Tahu Kuning masyarakat juga mengolah Stik Tahu dikarenakan Stik Tahu lebih tahan lama dan mudah dibawa di bandingkan dengan tahu kuning yang kurang tahan lama proses pembuatan stik tahu adalah Tahu takwa Kuning ini dipress hingga airnya susut, diiris memanjang, lalu tahu dijemur hingga kering atau di oven sampai tidak mudah patah?padat, kemudian goreng hingga renyah.

PECEL

       Kediri juga terkenal dengan kuliner pecel, tapi pecel yang satu ini beda dengan pecel yang lain, pecel ini tidak menggunakan nasi tetapi menggunakan punten. Punten merupakan panganan sejenis jadah, namun tidak terbuat dari beras ketan, namun dari beras biasa yang ditanak dengan santan dan garam, kemudian ditumbuk halus dan dipadatkan. Lalu dipotong segi empat, disajikan diatas piring, ditambah sayuran dan kecambah, dilengkapi dengan kerupuk pasir atau rempeyek dan disiram dengan bumbu pecel kental.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar